Powered by Blogger.

Pencarian ..

Wednesday, September 14, 2011

SWOT Analysis

SWOT
Ini informasi yang saya ambil di WIKIPEDIA yah ... Analisa SWOT adalah metode rencana strategis untuk mengevaluasi Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman). 
Teknik ini dirancang oleh Albert Humphrey dan dipresentasikan di  Stanford University pada sekitar 1960s dan 1970s menggunakan 500 data perusahaan.

Analisa SWOT mengharuskan kita mengetahui dengan jelas apa yang ingin kita capai sebagai tujuan akhir. Analisa SWOT adalah teknik pemetaan awal yang digunakan dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) atau Coorporate Plan seperti yang diulas di materi overview di awal. 




  • Strength (Kekuatan),kekuatan yang membuat kita merasa lebih dibandingkan dengan yang lainnya.
  • Weakness (Kelemahan),  kelemahan dari kita sendiri yang akan menyebabkan kita tidak dalam posisi yang kurang bagus dibandingkan yang lain.
  • Opportunity (Peluang), peluang eksternal untuk menghasilkan keuntungan.
  • Thread (Ancaman), unsur eksternal yang bisa jadi menyebabkan terjadinya masalah

Menurut Rangkuti, F. (2006), Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama ; Jakarta, dibawah ini adalah Matrik SWOT.

MATRIK SWOT



Kita coba cek contoh dari Analisa SWOT untuk Retail Industry, diambil dari http://www.whatmakesagoodleader.com. Tapi sudah saya edit sedikit yah biar lebih jelas :D


STRENGTH (KEKUATAN)




WEAKNESS (KELEMAHAN)




OPPORTUNITY (KESEMPATAN)




THREAT (ANCAMAN)


STRENGTH dan WEAKNESS di kategorikan INTERNAL
OPPORTUNITY dan THREATS di kategorikan ke EXTERNAL


Bagi yang ingin coba buat SWOT menggunakan template, bisa langsung download di sini ya.Dalam bentuk PDF kok tapi bisa diedit. 


Kalau ingin coba buat SWOT on the fly langsung dari internet, bisa coba alamat ini deh. Bagus kok. Tapi tentunya cara penyajiaannya saja yang dibuat menarik. Untuk konsep dan isinya, ya tergantung kita sendiri ;)

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP