Powered by Blogger.

Pencarian ..

Monday, September 19, 2011

Mengenal Computer Network Protocol

Protokol adalah aturan-aturan dan kesepakatan dalam berkomunikasi antar network device. Aturan ini biasanya menyangkut bagaimana teknik mengirim dan menerima pesan, biasa disebut paket. Beberapa protokol juga support message acknowledment dan kompresi data untuk performa jaringan yang lebih baik. Saat ini ada banyak protokol computer network yang ada dan dirancang untuk tujuan dan kebutuhan masing-masing.

IP (Internet Protocol) adalah protokol yang paling utama yang digunakan dalam komunikasi di internet, IP dikembangkan di era tahun 1970-an. Dalam kenyataannya IP sering kali digunakan bersama dengan Transport Control Protocol (TCP) dan akhirnya seringkali disebut sebagai TCP/IP.
IP berhubungan dengan Network Layer (layer 3) di OSI sedangakan TCP berhubungan dengan Trasport Layer (layer 4) di OSI. Atau dengan kata lain, dalam network communication, TCP bertugas mengantarkan data melalui IP network.
IP memberikan pengalamatan yang unik untuk masing-masing komputer di dalam network. Kebanyakan saat ini IP yang digunakan adalah versi 4 (IPv4) yang memiliki panjang alamat 4 byte(32 bits). Versi 6 (IPv6) memiliki panjang alamat 16 byte (128 bits).
Data pada IP network diatur dalam bentuk paket-paket. Setiap paket IP sudah menyertakan header (pengirim, penerima, dan informasi lainnya yang terkait dengan data tersebut) dan pesan itu sendiri.

UDP (User Datagram Protocol) adalah OSI transport layer protokol untuk aplikasi client/server network based on Internet Protocol (IP). UDP adalah alternatif lain dari TCP, mulai diperkenalkan pada tahun 1980 an. UDP sering digunakan untuk aplikasi videoconferenc atau game online yang membutuhkan real-time performance. 
UDP network traffic ditampilkan dalam datagrams. Sebuah datagram terdiri dari 1 unit pesan. 8 byte awal dari datagram adalah header informasi sedangakan sisanya adalah data pesannya.
UDP datagram header terdiri dari 4 field yang besarnnya masing2x 2 byte yaitu source port number, destination port number, datagram size, checksum.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol), memberikan layanan standard dari web browser dan servernya untuk berkomunikasi. HTTP adalah application layer network protocol yang dibangun diatas TCP. HTTP clients (seperti web browser) and servers berkomunikasi via HTTP request dan response messages. Tipe message HTTP adalah GET, POST, and HEAD.

FTP (File Transfer Protocol) memungkinkan terjadinya pengiriman file antar komputer di internet,FTP adalah network protocol sederhana yang juga berbasis IP. Untuk dapat mengirimkan file dengan FTP  harus digunakan sebuah program yang sering kali disebut sebagai "client".

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP