Powered by Blogger.

Pencarian ..

Saturday, September 17, 2011

Example Database : Plant Database

Kita akan mencoba membuat sebuah database sederhana. Data yang saya tuliskan disini saya ambilkan contoh dari sebuah data tentang tanaman dan kegunaaanya (sumber : internet). Perhatikan sekumpulan data dibawah ini.

Data Tanaman dan Kegunaanya

Data diatas akan dibuatkan sebuah desain database.

Inisialisasi
Salah satu cara untuk melakukan insialisasi adalah menggunakan  use cases. Use case adalah bagian dari UML (unified model language) yaitu sekumpulan teknik dalam sofware process yang digunakan untuk mendapatkan aspek-aspek yang terlibat di dalamnya.  Use case adalah sebuah keteragan yang menjelaskan bagaimana user (sering kali disebut sebagai aktor) berinteraksi dengan sistem. Perhatikan gambar use case dibawah ini. 

use case yang masih belum lengkap


Jika diperhatikan use case diatas terlihat bahwa seorang aktor / user mempunyai 3 task.
Tapi informasi nya masih kurang detil. Sekarang kita perhatikan lagi tabel data tanaman diatas tadi. Jika perhatikan baik-baik dan memilahnya maka 3 task yang dapat dikerjakannya adalah seperti gambar use case dibawah :

use case yang sudah ada informasi task

Use case 1 : user dapat melakukan maintenance yaitu menambah, mengedit dan menghapus data tanaman seperti Genus, Spesies dan kegunaanya
Use case 2 : user dapat mendapatkan laporan informasi tentang tanaman tertentu atau semuanya
Use case 3 : user dapat mendapatkan laporan tentang fungsi dari masing-masing tanaman atau semuanya.



Data Model

Diatas tadi kita sudah mengetahui arah dari sistem kita. Maka kita akan melanjutkan dengan melakukan abstraksi dengan model. Kelompokkan hal-hal yang similar (disebut sebagai Class), lihat gambar dibawah :
Class


Gambar diatas adalah cara penyajian UML untuk Class (plant) dan Attribute (nama, species dll)

Class bisa juga dipandang sebagai sebuah template. Sehingga nanti Class Plant ini akan berlaku untuk setiap tanaman. Jadi jika ada 5 tanaman, ke 5 tanaman ini akan punya attribut sesuai dengan class template. Tanaman-tanaman ini disebut sebagai object. Lihat penjelasan gambar dibawah :

Class Object untuk Path

Relasi
Setelah membuat 2 Class (plant dan fungsi ) maka kita akan mencari hubungan dari kedua class tersebut. Lihat gambar dibawah :
Relasi


Karena setiap Class adalah sebuah tabel maka tabel akhir dari database plant ini adalah :

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP