Powered by Blogger.

Pencarian ..

Wednesday, September 28, 2011

Pyhton : Penggunaan QUOTE (tanda petik) dalam String

Code untuk menunjukkan penggunaan quote didalam string


Coba jalankan program tersebut dan kemudian perhatikan penjelasan dibawah ini .

Penulisan sebuah teks didalam program komputer bisa dilakukan dengan mengapitnya didalam tanda petik satu ( 'contoh' ) atau dalam tanda petik dua ( "contoh" ). Sama saja, Tetapi coba perhatikan pada baris ke-12 gambar diatas.
print "Program 'Nulis'"



Pada baris ke-12 tersebut terlihat kita menggunakan tanda petik dua dan tanda petik satu. Tetapi jika diperhatikan hasil setelah program tersebut di running, hanya tanda petik satu yang muncul dilayar. So, tanda petik dua (") adalah sebuah tanda untuk mengindikasikan sebuah teks dimulai. Begitu tanda " muncul, maka semua yang ada setelah itu akan dianggap sebagai teks dan akan ditampilkan di layar hasil sampai ditemukannya tanda " satu lagi sebagai penutupnya.

contoh penggunaan quote yang tepat.
"Lukman berkata ,'Bro.. hari ini gw yang traktir daaaah'. "

contoh penggunaan quote yang keliru.
"Lukman berkata ,"Bro.. hari ini gw yang traktir daaaah". " 

Pada contoh penggunaan quote yang keliru diatas, komputer akan menganggap kalimatnya akan dimulai apda " pertama dan sudah berhenti saat tanda " kedua ditemukan yaitu sebelum kata Bro. Hal ini mengakibatkan kalimat Bro.. hari ini gw yang traktir daaaah tidak dalam tanda " sama sekali. Sehingga mengakibatkan teks menjadi tidak valid.

Continuation Character

Sekarang perhatikan line 14 dari gambar coding diatas.
print "\

tanda \ (backslash) adalah disebut sebagai continuation character atau karakter yang digunakan untuk menyabung string yang panjang. Jika code yang akan dituliskan lebih dari 1 baris maka gunakan tanda ini maka komputer akan menganggap semua baris kode yang dituliskan seolah-olah dalam sebuah baris program. Tentu saja komputer tidak peduli dengan panjangnya code yang mungkin kita tuliskan dalam sebuah baris. Tapi kita peduli kan yah.. kalau tidak nanti kita sendiri yang kesulitan membaca prgram kota sendiri ;)

Triple-Quoted String

Perhatikan baris program ke 15. Ada tiga tanda ". Ini disebut sebagai Triple-Quoted String. Apapun teks yang kita tuliskan didalam apitan tanda ini , itulah yang akan ditampilkan dilayar. Termasuk spasi, tab dan format penampilan yang kita buat.

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP