Powered by Blogger.

Pencarian ..

Tuesday, September 27, 2011

Pura Segara Kenjeran - Hadirkan Pulau Dewata di Surabaya Timur

Pura Segara
Sekembali dari kepulangan pertama saya ke Bali setelah kuliah berjalan, saya berencana untuk mengunjungi Pura Segara Kenjeran untuk menenangkan pikiran sembari mohon keselamatan agar studi diberikan kelancaran. Pura Segara ini adalah pura yang digunakan untuk umat Hindu melakukan persembahyangan kepada Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa).

Segala bentuk bangunan dan hiasannya dibuat sama persis dengan yang sering kita temui di Pulau Dewata Bali. Bagi mereka yang ingin berwisata ke Bali tetap tidak cukup waktu dan dana, mengunjungi Pura ini mungkin bisa jadi salah satu alternatif solusinya ;)
Pura yang terletak di kompleks angkatan laut ini diresmikan pada Tahun 1981. Karena Pura ini berdekatan dengan lokasi kampus ITS Surabaya maka Pura ini sering kalai digunakan untuk aktifitas kemahasiswaan bagian kerohanian agama hindu, seperti pembekalan mahasiswa baru ITS. Pura ini juga sering kali digunakan sebagai diskusi-diskusi keagamaan oleh kelompok-kelompok generasi muda Hindu untuk lebih mendalami arti kedamaian sesungguhnya di dalam agama Hindu. Pura ini juga terletak diseputaran pantai Kenjeran sehingga demikian Pura ini diberi nama Segara (segare dalam bahasa Bali berarti laut, air).

Berikut adalah rute atau jalan yang bisa diikuti untuk dapat mencapai Pura Segara Kenjeran ini dengan singkat sekitar 12 menitan ditempuh dari Bundaran Kampus ITS.

  1. Berangkat dari ITS terus ke utara menuju jalan Raya Mulyosari
  2. Setelah sampai di Mulyosari Utara, jangan belok kiri. Terus saja lurus menuju jalan Tempurejo.
  3. Lewati pasar tradisional tempurejo. Tepat setelah Masjin Baiturrahmanm belok kiri ke jalan kenjeran. Jalan Kenjeran ini 2 arah.
  4. Temukan jalan putar bali. Putar balik. Terus ke timur.
  5. Belok kiri di Jalan Wiratno.
  6. Ikuti terus dan belok kiri di Jalan Saliman.
  7. Beberapa saat Anda akan menemukan gerbang Pura Segara Kenjeran.
  8. Lihat Route :
Route dari Bundaran ITS


Galeri Foto :
Welcome Bro !
Me n Fams
Pejati
Biar Teduh
Ganesha
Padmasana
Penuun Karang
Peresmian
Add caption
View
Tempat Latihan Tari Tabuh
Tempat Latihan Tari Tabuh
Tempat Latihan Tari Tabuh
Bale Kulkul
Plang Nama
Pintu Masuk
Pembasuhan



0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP