Powered by Blogger.

Pencarian ..

Sunday, August 28, 2011

Materi Ujian Seleksi Beasiswa CIO di ITS Surabaya

Ujian untuk seleksi Beasiswa CIO di ITS terdiri dari 2 kali test yaitu test tulis dan wawancara, masing-masing dalam hari yang berbeda. Untuk test tulis diselenggarakan langsung oleh Program Pascasarjana ITS sedangkan untuk wawancara diserahkan langsung kepada Jurusan masing-masing , dalam hal ini adalah Fakultas Teknik Industri - Jurusan Teknik Elektro. Khusus CIO wawancara diadakan di Lab B305 (Telkom).

Ujian Tulis
Materi yang diujikan dalam ujian tulis ini adalah materi yang langsung menyangkut materi CIO. Walaupun demikian hal-hal yang ditanyakan sangat bersifat umum. Sehingga pengetahuan yang paling perlu dipersiapkan untuk menghadapi test tulis ini adalah PENGETAHUAN UMUM IT.
Untuk test kemarin materi yang ditanyakan adalah tentang macam-macam topologi jaringan komunikasi dan istilah-istilah HUB, SWITCH dan ROUTER.
Pertanyaan yang terakhir yang mungkin membutuhkan paling banyak space untuk menjawab adalah tentang rencana Thesis yang berkaitan.

Ujian Wawancara
Untuk wawancara ini tidak terlalu banyak ditanyakan materi. Apalagi jika Anda sudah mempunyai latar belakang komputer/teknik.
Karena Beasiswa CIO ini adalah kerjasama Kemeninfo untuk meningkatkan kemampuan PNS Daerah, yang paling dipertanyakan nanti adalah kesiapan Pemda melepas Anda mengikuti tugas belajar ini.

Secara overall, jika Anda seorang PNS dan sudah diberikan ijin oleh instansi Anda bekerja, dan Anda berasal dari background Teknik, tidak akan ada kesulitan berarti untuk melewati ujian ini.

TPA dan TOEFL
Selain 2 test diatas ada 2 persyaratan yang lebih menentukan kelulusan Anda yaitu Test Potensial Akademik (TPA) dan TOEFL (Test of English as Foreign Language).
TPA yang diakui oleh ITS adalah TPA yang diselengggarakan oleh Bappenas atau yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya. TPA adalah test sejenis psikologi yang banyak melibatkan angka dan logika serta diatur dengan waktu yang sangat ketat. Untunglah skor yang diminta oleh ITS untuk TPA ini adalah 400 saja.
Untuk TOEFL, sebaiknya ambil test TOEFL langsung di Pusat Bahasa ITS. Skor yang diminta adalah minimum 400. Tidak terlalu sulit bukan ?
Untuk informasi bahwa Lab Bahasa ITS, sumber suara yang digunakan tidak menggunakan tape di meja. Tapi diperdengarkan melalui pengeras suara di dinding-dinding. Dan sumber suaranya terbagi untuk 2 buah ruangan.

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP