Powered by Blogger.

Pencarian ..

Friday, November 4, 2011

Ujian Tengah Semester (UTS) Manajemen Strategi

1.    (10) Jelaskan Framework atau tahapan-tahapan proses dalam Strategic Management!

Untuk menjawab pertanyaan no 2 sampai dengan 7, gunakan attachment 2 file yang terlampir bersamaan dengan soal ini. Bagi kelas menjadi 3 kelompok besar dengan proporsi yang sama. Anda akan mereview strategi dan kondisi existing persaingan bisnis semen di Indonesia. Kelompok pertama (Absen 1-5) akan mereview manajemen PT. Semen Gresik Group, kelompok kedua akan mereview manajemen PT. Indocement Tunggal Perkasa (Absen 6-10), dan Kelompok ketiga akan mereview PT. Holcim Indonesia (11 s/d 16).



2.    (10) Cari Visi dan Misi dari masing-masing korporasi tersebut. (Bisa dicari di website masing-masing perusahaan). Lakukan evaluasi terhadap Visi dan Misi masing-masing perusahaan berdasarkan konsep Perumusan Visi dan Misi yang sudah anda pelajari di kuliah.

Karena ketiga perusahaan tersebut adalah perusahaan yang sudah go public, cari annual report tahunan terakhir masing-masing perusahaan di website mereka (Silahkan ambil laporan tahunan 2010)!

3.    (25) Berdasarkan contoh yang sudah pernah diberikan di kelas, lakukan Internal Factor Evaluation (IFE) untuk masing-masing pabrikan. Faktor apa saja yang akan anda pergunakan? Berikan penjelasan mengapa suatu faktor bisa dikatakan sebagai strength dan mengapa suatu faktor menjadi weakness? Berapa skor dan bobot untuk masing-masing faktor? Berapa skor akhir IFE perusahaan anda? (Semua statement yang dibuat harus didasarkan referensi yang jelas. Jika itu adalah opini maka harus dijelaskan dasar pertimbangannya)

4.    (25) Lakukan hal yang sama sebagaimana perintah pada soal no. 3 untuk External Factor Evaluation (EFE)! Gambarkan posisi kuadran akhir dari IFE-EFE Matriksnya! Interpretasikan hasilnya!

5.    (10) Perhatikan file “analisis persaingan semen indonesia” (*docx) dari pengajar yang terlampir pada attachment. Perhatikan Porter Fives Forces yang sudah dibuat. Menurut anda dan pengetahuan yang bisa anda rumuskan dari dokumen dan materi yang bisa anda browsing di website dan referensi lain, apakah tekanan yang paling kuat bagi perusahaan yang anda amati? Jelaskan dasar alasannya dan sumber referensinya!

6.    (10) Kumpulkan dari berbagai sumber informasi terkait dengan kapasitas semua pabrikan semen di Indonesia per 2010. Data Market Share ada di file attachment Excel. Buat evaluasi M/C SR per 2010! Apa interpretasi hasilnya? Bandingkan dengan hasil analisis di 2005 (attachment *.docx)! Apakah hasil M/C SR bisa digunakan untuk merumuskan strategi “generic” di industri semen? Jika bisa, bagaimana rumusan “generic” - nya? Jika tidak, apa kelemahannya?

7.    (10) Jelaskan strategi apa saja yang sedang dan akan dilakukan management pabrikan semen yang anda amati. Jelaskan dengan menunjukkan kejelasan posisi saat ini (where we are now) dan posisi target tujuan / keinginan (where we want to go). Jelaskan rasionalisasi dan evaluasi apakah strategi yang dilakukan adalah strategi yang tepat untuk menjembatani where we are now dan where we want to go!

JAWABAN DAPAT DIDOWNLOAD DISINI

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP