Powered by Blogger.

Pencarian ..

Tuesday, November 22, 2011

Cisco Packet Tracer

Untuk melakukan simulasi pembangunan sebuah jaringan yang sederhana ataupun kompleks dapat kita gunakan program simulasi dari Cicso System yaitu Cisco Packet Tracer. Kunjungi http://www.cisco.com/web/learning/netacad/course_catalog/PacketTracer.html untuk informasi lebih detil.

Cisco Packet Tracer 5.3


Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah jaringan komputer yang sangat sederhana dengan 2 buah komputer dan sebuah switch.

1. Aktifkan program Cisco Packet Tracer
2. Kita akan menggunakan 2 PC dan sebuah SWITCH. Cisco Packet Tracer ini dibuat oleh Cisco System yang sebenarnya adalah ditujukan untuk memberikan pembelajaran atau simulasi terhadap semua perangkat jaringan Cisco itu sendiri juga. Tapi Cisco pada program ini tetap memberikan perangkat GENERIC untuk mewakili perangkat jaringan secara umum.

3. Sebelumnya perlu kita liat dulu user inteface (GUI)  dari Cisco Packet Tracer seperti pada gambar dibawah ini :
Panah 1 menunjukkan JENIS PERANGKAT, Panah 2 menunjukkan TIPE

Misalkan kita pilih End Devices (1) dan Tipenya Generic (2)

Cara memilihnya adalah dengan klik di JENIS PERANGKATnya, kemudian pilih TIPE PERANGKATnya, kemudian klik di area kerja.  Dengan meletakkan 2 PC dan sebuah SWITCH maka akan terlihat hasil akhirnya seperti gambar dibawah ini :

Switch dipilih GENERIC saja

4. Setelah meletakkan perangkatnya, kita sambungkan semua perangkat tersebut dengan menggunakan kabel. Kabel yang akan kita gunakan adalah UTP dengan konfigurasi STRAIGHT. Kabel ini akan dimasukkan kepada kartu jaringan Fastethernet yang ada di masing2x PC dan Switch yang sudah dipasang tadi :

Pilih koneksi (1) dan Straight (2)

5. Setelah memilih kabelnya, klik PC nya. Maka akan muncul pilihan di port mana kabel tersebut akan ditancapkan. Setelah dipilih, tarik mouse nya ke SWITCH, sama juga pilih port yang mana yang diinginkan.

Pilihan port di PC

Pilihan port di SWITCH, banyaknya port tergantung dengan tipe yang digunakan

6. Setelah disambungkan maka hasil akhirnya adalah :
2 PC dan 1 SWITCH sudah tersambung.

7. Setelah terkoneksi semuanya, saatnya untuk memasukkan IP Address dari masing2x PC. Switch tidak perlu dimasukkan IP Address. Caranya, klik 2x (double) pada PC yang diinginkan. Lihat gambar di bawah :

Pilih Tab CONFIG

Klik FastEthernet(1), pilih STATIC dan masukkan IP (3), jgn lupa nyalakan portnya (2)
Lakukan untuk 2 PC tersebut. Misalkan IP yang digunakan adalah 192.168.1.10 dan 192.168.1.11

8. Setelah selesai saatnya melakukan testing. Kita akan mencoba mengirimkan sebuah paket data dari PC1 ke PC2. Kalau berhasil maka paket akan succesfull statusnya, lihat gambar di bawah :

pojok kanan bawah interface, klik gbr surat (paket yg akan dikirim), klik PC1 kemudian klik PC2
Artinya adalah kita akan mengirimkan sebuah paket (yang diwakili oleh gambar surat) dari PC1 ke PC2.

di bawah ada jendela status untuk melihat proses pengiriman ini apakah Failed atau Succesful

Jika statusnya successful maka pengiriman paket ICMP dari Source (PC0) ke Destination (PC1) sudah berhasil. Jaringan sudah berhasil dan jalan. Jika Failed perlu dicek lagi , apakah IP nya belum atau belum terkoneksi dan sebagainya.

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP