Powered by Blogger.

Pencarian ..

Wednesday, December 21, 2011

UMTS HSDPA EVDO

Catatan kilat tentang apa itu UMTS HSDPA dan EVDO serta perbedaanya.  UMTS dan HSDPA adalah teknologi yang digunakan pada GSM. Untuk di Indonesia provider GSM contohnya adalah Telkomsel, XL, Indosat IM3, Indosat Mentari, Indosat IM2. Sedangkan EVDO adalah teknologi yang ada pada CDMA. Provider CDMA di Indonesia adalah AHA, StarOne, Flexi, Esia. UMTS HSDPA EVDO selain dibedakan oleh digunakan pada GSM dan CDMA juga terletak pada kecepatannya.  

GSM :
UMTS kecepatan download maksimalnya secara teori mencapai 384 kbps, sering disebut 3G. HSDPA sering disebut sebagai 3.5G yang mempunyai kecepatan download maksimal secara teori mencapai 3.6Mbps (10x dari UMTS).

CDMA :
CDMA 1x kecepatan download maksimalnya adalah 153 kbps. EVDO Rev O bisa mencapai maksimal 2.4 Mbps. EVDO Rev A mempunyai kecepatan maksimal download secara teori hingga 3.1 Mbps.

Melakukan koneksi internet dengan menggunakan provider seluler juga perlu memperhatikan MODEM yang digunakan. Selain menyesuaikan dengan GSM ataukan CDMA providernya, perlu dicek juga teknologi yang didukung oleh modem itu. Menggunakan kartu dari provider AHA dengan sinyal yang bagus, tetap tidak akan mencapai EVDO Rev A jika modem yang digunakan sebatas modem CDMA1x.

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP