Powered by Blogger.

Pencarian ..

Sunday, December 4, 2011

Instalasi CakePHP

CakePHP adalah sebuah modul PHP yang lebih memudahkan kita untuk membuat sebuah aplikasi. Modul ini dikenal juga dengan sebutan FRAMEWORK. Di dalam framework, sudah diatur sedemikan rupa hingga kita dapat menuliskan program/kode/script dengan lebih terstruktur dan efektif juga lebih mudah untuk dikembangkan di kemudian hari.
Ada banyak framework PHP, yang kali akan dibahas adalah CakePHP.  Dengan menggunakan framework, pola MVC (Model View Controller) menjadi lebih baik sehingga juga bisa membantu programmer untuk menuliskan lebih sedikit code/script ;-)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan di komputer Anda sudah terinstal LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP). Jika Anda pengguna M$ Windows, download XAMPP untuk bisa menginstal Apache, MySQL dan PHP secara otomatis hanya dengan satu instaler.

http://www.apachefriends.org
Lokasi Downloadnya

Setelah memastikan terinstal dengan baik, sebaiknya server ditest dulu :

http://localhost =>XAMPP berhasil terinstal

http://localhost/phpadmin ==> cek databasenya

Untuk pengecekan file config dari PHP

Untuk bisa melihat file configuration dari PHP Anda, buat sebuah file baru di C:/xampp/htdocs. Simpan dengan nama sembarang, kalau di atas contohnya adalah disimpan dengan nama info.php
Isi dengan kode di bawah ini :
<?php
   phpinfo();
?>

Setelah semuanya siap, saatnya untuk CakePHP. Dapatkan CakePHP dengan melakukan download seperti cara dibawah ini :

Web CakePHP di cakephp.org

Setelah terdownload, silahkan diekstrak. Folder hasil ekstraknya dikopikan ke c:/xampp/htdocs. Nama folder bisa saja diganti. Misalkan seperti contoh di bawah ini.

CakePHP sudah terpasang di web server

Perhatikan gambar di atas. Walaupun CakePHP sudah berhasil terpasang pada web server, aplikasi masih terdapat kesalahan seperti yang ditunjukkan oleh 2 tanda panah di atas. Hal ini berkaitan dengan file konfigurasi dari CakePHP.

Sebelum lanjut ada baiknya kita memilih php editor yang ringan dulu. Kita tidak butuh Dreamweaver atau aplikasi sejenis lainnya yang berat-berat dan mahal-mahal (jangan membajak lo ya, hormati dan hargai HAKI). Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah notepad++.  Cek di bawah ini :

Web Notepad++
Lokasi download

Keuntungan menggunakan Notepad++ ini, selain aplikasinya sangat ringan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan penomoran baris program dan sistem tabulasi yang baik, belum lagi aplikasi ini bisa melakukan collapse-uncollapse setiap bagian yang berlevel sama.

Ok, sekarang kita mulai memperbaiki config file dari CakePHP agar aplikasi bisa running well.

Buka (dengan notepad++) file app/config/core.php. Cari kalimat Security.salt. Tambahkan valuenya dengan kata sembarang. Save. Lihat gambar di bawah ini :

File aslinya, ada di baris 187
Setelah ditambahkan kata putu

Kemudian masih di file yang sama, cari kalimat  Security.cipherSeed. Cek gambar di bawah ini :

File aslinya, di baris 192
Setelah ditambahkan dengan angka 2011

Sekarang pasti error noticenya sudah tidak ada lagi, coba refresh/reload browser yang digunakan untuk membuka CakePHP tadi, lihat gambar di bawah ini :

Error Notice yang berwana merah sebelumnya sudah tidak ada lagi


Baik, sekarang CakePHP Anda sudah tidak ada error yang berwarna merah lagi. But wait.. masih ada jendela kuning. Your database configuration file is NOT present. Rename APP/Config/database.php.default to APP/Config/database.php.
Ini tandanya file untuk konfigurasi database yang akan digunakan oleh CakePHP belum ada. Tapi CakePHP sudah membawa sebuah file yang bisa digunakan untuk itu. Anda cukup melakukan Rename terhadap file database.php.default menjadi database.php. Setelah itu silahkan dibuka dan diisikan nilai yang sesuai dengan server Anda.

Isian nilai untuk server

sampai di sini CakePHP sudah siap digunakan :

CakePHP ready....

0 comments:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP